Contoh Hikayat – Hang Tuah

Sunday, June 9th 2013. | Contoh Hikayat

Contoh Hikayat. Hikayat adalah karya sastra berbentuk prosa yang mengangkat kisah/dongeng yang umumnya menceritakan kepahlawanan tokoh-tokoh tertentu. Hikayat umumnya didominasi bahasa Melayu dengan cerita yang dibumbui kesaktian, mukjizat serta keanehan yang diciptakan oleh tokoh didalamnya. Contoh hikayat yang terkenal contohnya hikayat Hang Tuah. Berikut ini contoh hikayat yang berasal dari tanah Melayu.


Contoh Hikayat – Hang Tuah

HIKAYAT HANG TUAH

HANG Tuah lahir dari keluarga sederhana, ayahnya bernama Hang Mahmud dan ibunya bernama Dang Merduwati. Karena didera kesulitan hidup, akhirnya Hang Tuah dan keluarganya pindah ke pulau Bintan. Ditempatnya yang baru, Hang Tuah dan keluarganya berharap mendapatkan rejeki dengan membuka warung sederhana.

Ditempatnya yang baru, Hang Tuah mempunyai sahabat-sahabat yang pemberani. Sahabat Hang Tuah itu adalah Hang Lekiu, Hang Lekir, Hang Jebat dan Hang Kesturi. Pada suatu hari, ditengah lautan mereka dihadang segerombolan perompak. Dengan menggunakan siasat, Hang Tuah dan sahabat-sahabatnya membawa gerombolan perompak ke daratan dan melakukan perlawanan.

Hang Tuah dan sahabat-sahabatnya berhasil menewaskan 10 orang perompak, sedangkan beberapa orang lagi melarikan diri. Dari beberapa perompak yang berhasil ditawan, perompak itu mengaku berasal dari daerah Jemaja dan Siantan atas perintah dari Gajah Mada di Kerajaaan Majapahit. Sebenarnya mereka bukanlah perompak, tapi orang-orang yang diperintahkan menyerang Palembang, namun karena dilanda angin kencang di tengah laut, akhirnya mereka terdampar di Malaka.

Keberanian Hang Tuah dan sahabat-sahabatnya melawan perompak, akhirnya sampai juga ke telinga raja sehingga membuat raja berkenan pada mereka. Hang Tuah lalu diangkat menjadi pelayan istana. Suatu hari raja meminta Hang Tuah untuk menyerang orang-orang Jemala dan Siantan yang menduduki Palembang. Karena Hang Tuah berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, maka kemudian dia diangkat menjadi Laksamana. Sudah berkali-kali Hang Tuah diutus oleh raja ke luar negeri; Rum, Majapahit dan Tiongkok, bahkan Hang Tuah juga pernah naik Haji. Pada akhir hayatnya, Hang Tuah pun berkhalwat di Tanjung Jingara.

Jika dicermati dengan seksama contoh hikayat Hang Tuah diatas, hikayat secara umum lebih berfungsi sebagi bacaan untuk menghibur, sekaligus membangkitkan semangat heroisme kepada orang yang membaca atau mendengar, dengan menyelipkan beberapa pesan moral didalammya. Itulah contoh hikayat Hang Tuah. Diharapkan contoh hikayat diatas dapat dimanfaatkan dengan baik.