Contoh Wawancara dengan Narasumber

Friday, May 3rd 2013. | Contoh Wawancara

Contoh Wawancara dengan Narasumber. Wawancara dengan narasumber memiliki pengertian sebuah dialog yang terjadi antara seseorang dengan satu orang atau lebih (narasumber), untuk memperoleh informasi yang valid dan situasional. Umumnya topik yang diangkat merupakan kondisi terkini seperti komoditi perdagangan, kenaikan harga, kriminalitas dll. Penanya dan narasumber harus orang yang berkompeten sehingga mampu menghasilkan berita yang aktual dan bisa dipertanggungjawabkan. Dalam artikel ini akan ditunjukan Contoh Wawancara dengan Narasumber yang benar. Berikut ini salah satu contoh wawancara dengan narasumber :


Contoh Wawancara dengan Narasumber – Kenaikan Harga Bahan Pokok

Contoh Wawancara Kenaikan Harga Bahan Pokok

Topik : Kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran

Pewawancara (W) : Rudi Handoko, Wartawan Meteor TV

Narasumber (N) : Bapak Syamsul Khoirudin, pemilik Toko “SUKA MAJU” Magetan

 

W : Hari-hari menjelang lebaran seperti ini, bagaimana suplai sembako dari distributor, apakah masih stabil atau sering tersendat?

N : 50% masih lancar mas, terutama bahan pokok seperti gula, minyak, dan cabai. Tapi sebagian mulai sering terlambat seperti beras dan telur.

W : Bagaimana dengan distribusi bawang putih dan bawang merah pak, apakah masih terjadi keterlambatan?

N : Alhamdulillah untuk jenis bawang impor masih tetap lancar. Hanya saja untuk bawang merah sudah 3 hari terakhir masih kosong mas, mungkin ada keterlambatan pasokan dari petani.

W : Mendekati lebaran apakah sudah mulai ada kenaikan harga kebutuhan pokok?

N : Meskipun tidak begitu signifikan, tapi kenaikan harga sudah mulai terasa sejak awal bulan puasa kemarin mas. Walaupun masih ada sebagian yang harganya tetap stabil.

W : Bagaimana reaksi para konsumen menanggapi kenaikan harga kebutuhan pokok ini pak?

N : Ya begitulah mas, seperti biasa ada yang diam saja tapi banyak juga yang ngomel-ngomel meskipun akhirnya mereka menyadari kalau hal seperti ini sudah biasa terjadi.

W : Apakah efek dari terlambatnya distribusi barang dan kenaikan harga berpengaruh terhadap omzet penjualan bapak setiap harinya?

N : Sedikit berpengaruh juga mas, meskipun hanya sedikit. Paling selisih sekitar 10% dari penjualan sebelum ada kenaikan harga.

W : Dari awal puasa, biasanya kapan puncak kenaikan harga terjadi?

N : Biasanya dari awal puasa terus merangkak naik hingga setelah lebaran mas.

W : Apakah hal itu terjadi setiap tahun?

N : Biasanya begitu mas.

W : Kan biasanya ada operasi pasar dari pejabat terkait, apakah tidak berpengaruh?

N : Tidak mas, paling turun waktu ada kunjungan, setelah itu naik lagi.

W : Baiklah pak, terimakasih banyak atas informasinya. Semoga dagangan bapak tetap laris ya pak?

N : Sama-sama mas.

Dalam contoh wawancara dengan narasumber yang benar, pasti dicantumkan unsur-unsur dasar 5W + 1H agar semua pertanyaan dasar dapat terjawab, contoh wawancara dengan narasumber juga semestinya dibuat dengan bahasa yang sopan dan teratur. Pada intinya wawancara dengan narasumber merupakan tanya jawab dalam bentuk kronologi peristiwa, konflik, hingga terjadi kesimpulan. Demikian contoh wawancara dengan narasumber, semoga bermanfaat untuk Anda.